Tips bangun rumah yang masuk gang agar lebih hemat!

TokoTugumas.Blogspot.co.id - Bangun rumah yang masuk gang akan lebih besar biayanya ketimbang bangun rumah yang pinggir jalan, kenapa? Karena ada biaya kuli angkut barang untuk memindahkan barang dari jalan ke lokasi rumah yang akan dibangun. Apalagi gangnya cukup jauh akan lebih besar lagi. Nah, saya akan memberikan tips agar biayanya tidak terlalu tinggi sehingga akan menghemat anggarannya. Salah satu yang bisa kita hemat adalah bagaimana supaya pemakaian bahan diminimalisir agar biaya angkut menjadi lebih hemat dan juga dari harga ambilah yang termurah tapi kualitasnya tidak murahan. 


Untuk bangun rumah pastinya kita harus membeli bahan seperti Semen, Pasir, Bata, Kayu, Genteng, Keramik dan lain sebagainya. Dari segi bahan kita bisa menghemat anggaran. Berikut ini ini saya berikan Tips Pembelian Bahan Bangunan untuk rumah permanen biasa dan sedang.

Tips Pembelian Bahan:
Pembelian Semen 
Banyak merek semen yang dijual di toko bahan bangunan misal Semen Tiga Roda, Semen Holcim, Semen SCG, Semen Merah Putih dan masih banyak lagi yang lainnya. Semen SCG adalah semen yang termurah saat ini tapi kualitasnya sudah tidak diragukan lagi karena buktinya penjualan Semen SCG sangat tinggi (baca: Semen yang termurah saat ini ). Pakailah semen ini karena selisih harganya cukup tinggi dengan semen lainnya. (lihat: Harga Semen Terbaru).

Pembelian Batu Bata
Untuk  membeli batu bata saya sarankan pakailah Bata Ringan karena bata ringan bisa mengurangi biaya pembelian pasir karena pemasangan bata ringan cukup dengan semen perekat yang ketebalan spesinya cukup 3mm saja. Sementara bata biasa harus memakai pasir dan ketebalan spesinya sampai 2cm. Sehingga akan mengurangi biaya kuli angkut. (baca: Lebih Hemat mana Bata Merah atau Bata Ringan?)

Pembelian Kayu
Kayu sebaiknya memakai kayu Albasiah saja daripada kayu kelas 2 (Kayu kerasan kampung) yang harganya jauh lebih mahal, karena kualitas kayu Albasiah sudah tidak diragukan lagi (baca: Harga Kayu Albasiah). Kecuali untuk kuda2 sebaiknya memakai kayu kelas 2. Untuk Kusen sebaiknya memakai kayu Bayur. Untuk kaso atap sebaiknya memakai bambu saja karena harga bambu jauh lebih murah dan kualitasnya juga lebih bagus dan tahan lama. 

Pembelian Pasir
Pembelian pasir diusahakan jangan diecer sebaiknya sekaligus 1 truk doubel sekitar 9 kubik, karena kalau diecer misal hanya beli per colt (mobil kecil) maka jatuh harganya akan lebih mahal (lihat Harga Pasir dan Batu).

Pembelian Atap Genteng
Untuk atap dengan pemakaian genteng bisa menggunakan genteng press yang murah tapi berkualitas baik misalnya Genteng Mantili (baca: harga genteng)

Pembelian Keramik
Untuk lantai kalau anggaran anda pas pasan sebaiknya memakai keramik putih saja atau yang motif marbel kalau yang bunga biasanya harganya lebih mahal. Keramik putih 30x30 kw1 sekarang harganya sedang murah harganya sekitar 36-38ribuan. Kalau yang motif sekitar 38-40ribuan per dus (isi 1m2).

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bahasan ini bisa bermanfaat untuk anda. Anda bisa membagikan artikel ini untuk saudara-saudara anda atau teman anda dengan mengklik salah satu media sosial dibawah ini. Terimakasih.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di DATA HARGA BAHAN BANGUNAN


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda