Cara Pemasangan Batu Bata yang benar

Dinding Rumah adalah salah satu bagian bangunan sebuah rumah. Dinding rumah yang rapi dan rata adalah cerminan dari pemasangan batu bata yang benar dan rapi. Untuk memasang batu bata atau batako yang rapi tentunya harus mempunyai skill atau ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara dan teknik pemasangan batu bata yang benar sehingga menghasilkan dinding rumah yang rapi dan rata alias tidak melengkung atau bengkok. Kali ini saya akan memberikan cara pemasangan batu bata yang benar. Sebelum batu bata dipasang tentunya anda harus mempersiapkan terlebih dahulu peralatan untuk memasang batu bata atau batako yakni Benang, selang waterpas (selang air bening/transparan ukuran 5/16"), Kayu (biasanya kaso 5x5 atau 5x7) atau bisa juga papan tebal untuk mengikatkan benang, dan peralatan tukang lainnya seperti palu, sendok tembok dan elotan.

  • Langkah pertama, tancapkan kayu kaso atau papan di ujung yang akan dipasangi batu bata di dekat besi rangka pondasi. Supaya kokoh dan berdiri lurus beri siku siku. Setelah kayu berdiri, ukur kayu tersebut dengan elotan agar berdiri tegak lurus (lihat gambar)
  • Kedua, tancapkan kembali kayu diujung pemasangan batu bata yang satu lagi dan lakukan hal yang sama seperti pada langkah pertama.
  • Ketiga, pasangi paku diujung yang satu setinggi adukan + batu bata yang akan dipasang dan tarik benang lurus ke kayu di ujung satunya lagi dengan menggunakan selang waterpas agar posisinya benar benar rata. 
  • Keempat, tempatkan adukan dan pasang batu batanya (batu bata terlebih dahulu dibasahi atau dicelupkan ke dalam air agar bata dan adukan bisa merekat dengan sempurna), posisikan batu bata yang sisinya rata persis dengan benang. Pemasangan batu bata dilakukan sebaris sebaris ke samping setelah baris pertama selesai baru benangnya dipindahkan keatas pada baris kedua dan seterusnya, tiap baris sebaiknya memakai selang waterpas agar posisinya benar benar rata.
Setelah tahap demi tahap dilalui dari teknik pemasangan batu bata tersebut maka hasilnya tidak akan mengecewakan yang selanjutnya pada tahap pemasangan plesteran yang saya yakin hasilnya akan rata mengikuti permukaan bata asal ketebalan plesteran dijaga ukurannya. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga Teknik/cara pemasangan batu bata yang benar ini bisa bermanfaat untuk anda khususnya untuk tukang bangunan. Terimakasih





Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di DATA HARGA BAHAN BANGUNAN