Lebih Hemat mana Bata Merah atau Bata Ringan?

Untuk membangun rumah tentunya diperlukan bahan bangunan yang dinamakan batu bata. Batu bata yang umum dipakai untuk bangunan adalah Bata Merah dan Batako. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi maka hadirlah batu bata yang disebut dengan Bata Ringan atau ada yang menyebutnya Bata Hebel, karena pertama kali ada Bata Ringan nama produknya adalah Hebel. Nah yang jadi pertanyaan adalah lebih hemat mana antara Bata Merah dengan Bata Ringan? Untuk mengetahuinya sebaiknya kita harus mengetahui dulu kelebihan dari masing-masing bahan bangunan ini.


Kelebihan memakai Bata Merah:
  1. Pengaplikasiannya sudah pada mengenal, semua tukang sudah biasa dalam pemasangannya.
  2. Bahannya mudah didapat karena sebagian besar toko material menjual bata jenis ini.
  3. Semennya tidak memerlukan semen perekat khusus karena hanya menggunakan semen biasa saja sehingga mudah didapatkan dan juga pasirnya mudah didapat.
  4. Bisa dibuat bata ekspos agar dinding rumah kelihatan alami.
Kelebihan memakai Bata Ringan:
  1. Pengaplikasiannya lebih mudah, hanya dengan dipelajari/diberitahu beberapa menit saja semua tukang akan bisa memasangnya.
  2. Pembuatan dinding/bangunan akan lebih cepat selesai karena ukuran bata yang cukup besar. Jadi akan lebih menghemat waktu pengerjaan.
  3. Tidak harus menggunakan pasir dan semen yang harus diaduk dulu dengan takaran yang seimbang. Bata ringan cukup dioleskan ke bidang bata dengan ketebalan cukup 3mm saja. Berdeda dengan Bata Merah yang spesinya rata-rata 2cm sehingga biaya pasir dan semen akan lebih besar.
  4. Permukaan dinding akan lebih rata karena ukuran bata ringan sangat presisi dan plesteranpun bisa tipis sehingga bisa menghemat lagi biaya pasir dan semen.
  5. Dinding akan lebih kokoh tidak mudah lepas dari adukannya meskipun tidak diplester karena semen perekatnya sangat senyawa sehingga betul-betul merekat kuat. Berbeda dengan Bata Merah akan mudah jebol kalau ada tekanan apabila dinding tidak diplester.
Demikian kelebihan dari masing-masing bahan bangunan bata ini. Anda bisa menyimpulkan sendiri apakah lebih hemat dengan Bata Merah atau dengan Bata Ringan,,, tentunya menurut hemat saya secara keseluruhan pemakaian bata ringan akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan memakai Bata Merah. Semoga dengan ulasan yang saya utarakan ini bisa menjadikan referensi bagi anda yang akan membangun rumah. Terimakasih



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di DATA HARGA BAHAN BANGUNAN

1 komentar:

avatar
suyatno syoSaturday, 18 February, 2017

Selamat pagi . Maaf rencana awal bulan maret ini saya mau cat genteng. Mohon informadi harga cat genting yg ekonomis namun juga kualitas baik. Tetima kasih

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda