Macam macam peralatan untuk mengecat

Postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai Tips mengecat yang baik dan benar, kali ini saya akan membahas mengenai macam-macam peralatan yang dibutuhkan untuk pekerjaan mengecat. Bahasan ini saya kira sangat perlu diperhatikan agar hasil pengecatan sesuai dengan yang kita harapkan sehingga tidak mengecewakan di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa peralatan untuk mengecat:

1. Kuas cat


Kuas cat mempunyai peranan penting dalam pengecatan dan ini adalah alat yang paling banyak digunakan dalam pengecatan, baik untuk cat tembok atau cat dinding maupun untuk cat kayu juga cat besi. Namun anda harus memperhatikan kuas cat yang baik itu seperti apa, berikut ini beberapa kriteria kuas cat yang baik:
  • Bulunya halus dan tebal
  • Tidak mudah rontok
  • Gampang dibersihkan
  • Bentuknya yang enak untuk dipegang
Untuk memenuhi kriteria tersebut tentunya anda jangan asal membeli kuas, karena hasil dari pengecatan tergantung dari kualitas kuas yang digunakan. Mengapa kuas yang anda gunakan harus yang halus dan tebal? karena dengan kuas yang halus dan tebal akan menghasilkan cat menjadi rata, semua permukaan bisa tertutupi dengan cat. Kemudian kuas tidak boleh mudah rontok karena kalau rontok anda harus membersihkan atau mengambil bulu kuas rontokan tersebut sehingga selain cat menjadi tidak merata pekerjaanpun akan bertambah menjadi lama karena selain membersihkan bulu andapun harus menguasnya kembali untuk menutupi bekas rontokan. Kemudian kuas juga harus gampang dibersihkan untuk kemudian bisa digunakan kembali karena ada bulu kuas yang susah dibersihkan sehingga anda harus membelinya kembali dan itu tentunya akan menambah biaya lagi. Bentuk dari kuas juga harus yang enak dipegang terkadang ada kuas yang gagangnya lurus sehingga lama kelamaan tangan kita menjadi pegal. Bentuk yang baik adalah besar atau besar dibelakangnya dan langsing ditengahnya. Merk kuas yang memenuhi kriteria tersebut misalnya Kuas Eterna yang biasanya banyak dan umum dijual di toko bahan bangunan.

2. Kuas Roll

Kuas Roll adalah kuas yang berbentuk seperti Gulungan atau Roll yang memanjang yang memakai gagang panjang sebagai pegangannya. Kuas Roll ini biasanya dipakai untuk mengecat dinding pada permukaan dinding yang luas. Dengan menggunakan kuas roll pekerjaan pengecatan akan semakin cepat dan mudah. Tentunya anda juga harus memperhatikan kualitas juga, seperti halnya kriteria pada kuas cat. Bulu Roll harus benar benar halus, tidak mudah rontok dan gampang dibersihkan. Kalau kualitasnya sesuai kriteria hasilnyapun akan lebih baik sesuai dengan apa yang kita harapkan. Bulu kuas yang baik biasanya terbuat dari Bulu Domba. Kuas Roll yang terbuat dari Bulu Domba bulunya sangat tebal halus dan rata dan juga sangat mudah dibersihkan sehingga bisa dipakai kembali. Kuas Roll yang terbuat dari bulu domba juga bisa dipakai untuk cat kayu atau cat besi. Anda bisa membelinya dengan menyebut kuas roll bulu domba. Agar cat bisa merata menempel pada Kuas Roll maka dibutuhkan Bak Cat. Sebelum cat di rollkan ke permukaan cat maka kuas Roll terlebih dahulu digelindingkan beberapa kali pada bak cat agar cat bisa rata dan tidak terlalu banyak.

3. Spray Gun
http://www.harborfreight.com

Spray Gun adalah alat untuk mengecat dengan cara disemprotkan ke permukaan yang akan dicat. Dengan memakai Spray Gun hasilnya akan lebih sempurna kalau dibandingkan dengan menggunakan kuas cat atau kuas roll, karena cat yang disemprotkan lebih halus. Namun anda juga harus memperhatikan kualitas dari Spray Gun terkadang cat yang keluar butiran catnya tidak rata ada sebagian yang besar sehingga hasilnya justru akan lebih jelek dari kuas cat. Kemudian anda harus tahu juga bahwa dengan menggunakan Spray Gun sebagian cat akan terbuang tidak semuanya menempel pada permukaan yang di cat, sehingga biaya untuk pengecatan akan bertambah karena harus membeli cat lebih banyak lagi. Kemudian harus anda ingat juga bahwa dengan Spray Gun cat akan terbawa angin kemana mana sehingga menimbulkan polusi dan meninggalkan cat pada permukaan yang tidak semestinya sehingga harus dibersihkan kembali. Jadi sebelum anda menggunakan Spray Gun anda harus memperhatikan dulu ruangan disekitarnya dengan cara menutupnya atau memindahkannya terlebih dahulu ke tempat lain agar cat tidak menempel.

Itulah macam-macam peralatan untuk mengecat yang bisa saya sampaikan pada kali ini. Agar anda bisa menyiapkan atau merencanakan pekerjaan dalam pengecatan menjadi sempurna agar hasil didapatkan akan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Semoga postingan singkat ini bisa bermanfaat untuk anda.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di DATA HARGA BAHAN BANGUNAN